Bawaslu Jabar Ajak Perempuan Awasi Politik Uang

Cherbon Feminist - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Barat (Jabar) mengajak seluruh perempuan di Jabar yang telah memiliki hak pilih untuk turut serta mewujudkan Pemilu 2019 yang bersih dan berintegritas, sehingga Pemilu 2019 tidak diwarnai praktik kotor, seperti politik uang (money politics).

Ajakan tersebut disampaikan Ketua Bawaslu Jabar Abdullah, seusai kegiatan Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Pemilu 2019 bagi Perempuan Tingkat Jabar di Hotel El Royale, Jalan Merdeka, Kota Bandung, belum tidak lama ini.

Menurut Abdullah, peran kaum perempuan sangat strategis untuk ikut serta mengawasi proses Pemilihan Umum (Pemilu) 2019, terutama praktik politik uang. 

“Problem besar kepemiluan kita adalah menghadapi politik transaksional (money politics). Oleh karena itu, kami mengajak jaringan dan kelompok perempuan yang memiliki struktur organisasi yang cukup banyak ini sebagai modal penting dalam turut melakukan pengawalan pengawasan dan untuk melawan cara-cara praktik transaksional,” katanya.

Politik transaksional merupakan politik uang yang sering terjadi dalam setiap pemilu. Kerap kali kaum perempuan menjadi objek dari politik tersebut. Oleh karenanya, Lanjut Abdullah, kaum perempuan di Jabar, untuk menolak praktik politik uang demi Pemilu 2019 yang bersih dan berintegritas.

Abdullah mengingatkan, kaum perempuan di Jabar harus dapat berpartisipasi aktif mengawasi jalannya Pemilu 2019, salah satunya dengan cara melapor apabila menemukan atau ditawari uang oleh pihak-pihak tertentu.

"Mereka nanti bisa bersinergi dengan Bawaslu, mereka bisa mendokumentasikan, menginformasikan, bahkan melaporkan praktik kotor itu," tutupnya. (Arul)



Baca Juga

Bawaslu Jabar Ajak Perempuan Awasi Politik Uang Bawaslu Jabar Ajak Perempuan Awasi Politik Uang Reviewed by Cherbon Feminist on December 06, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.